Kampung Jerman (독일마을) yang terletak di daerah Namhae, Provinsi Gyeongsang Selatan, merupakan tempat wisata unik yang menarik untuk dikunjungi ketika berada di Korea. Kampung Jerman ini dibangun untuk orang-orang Korea yang pernah jadi pekerja migran di tahun 60-70an di Jerman. Para pekerja migran ini sebagian telah menjadi warga negara Jerman dan diajak untuk kembali ke Kampung halaman – Korea!.

Pembangunan Kampung Jerman ini atas prakarsa komunitas Jerman-Korea di Jerman dan didukung oleh pemerintah daerah Namhae. Pemerintah Daerah Namhae menawarkan lahan yang murah and memberikan subsidi pembangunan khusus kepada para mantan Pekerja Migran Korea yang telah tinggal di Jerman sekurang-kurangnya 20 tahun. Mereka diminta untuk membangun rumah di lahan yang telah tersedia, dengan syarat harus membangun dengan arsitektur rumah-rumah di Jerman.

Gayung bersambut, para mantan pekerja migran ini yang kebanyakan sudah menjadi pensiunan, segera menyanggupi tawaran dari pemda Namhe. Saat ini telah berdiri sekitar 30-an bangunan tempat tinggal yang menawan dengan eksterior putih dan atap oranye. Sebagian besar bangunan ini memiliki nama Jerman seperti “Heidelberg” atau “Frankfurt”. Kampung ini mulai dibangun pada tahun 2001, dengan biaya sekitar 7,5 juta USD di lahan seluas dari 10 Ha.

Di tempat ini, anda dapat berjalan-jalan dan belajar banyak tentang kisah kehidupan para perawat dan penambang batu bara dari Korea, sebagai pekerja migran di Jerman. Terdapat sebuah alun-alun, yang memperkenalkan gaya hidup dan budaya Jerman. Festival bir diadakan di tempat ini, setiap tahun pada awal Oktober, sama seperti festival OKtober di Jerman. German Village2

 

Sebagai catatan, bahwa pada akhir tahun 1960 an hingga tahun 70an, sekitar 8,600 orang Korea berangkat ke Jerman sebagai pekerja migran di pertambangan-pertambangan batu bara. Kemudian diikuti oleh sejumlah 10,400 perawat, diberangkatkan untuk bekerja di berbagai rumah sakit yang ada di Jerman. Sebagian kembali ke Korea, tetapi sebagian besar menetap di Jerman dan berkeluarga di sana. Para pekerja migran Korea yang di berangkatkan ke Jerman, telah memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan ekonomi Korea hingga mencapai keadaan saat ini. Selama puluhan tahun para pekerja migran Korea di Jerman menyumbang devisa yang tidak sedikit dengan menjadi sumber pembiayaan bagi banyak keluarga untuk bisa mendapatkan Pendidikan yang lebih baik.**

Anta-Oelin Channel

Travelling to German Village- Korea

Klik untuk berbagi info
error: Content is protected !!