Tentang Penulis

Perjumpaan penulis dengan keluarga Dr. Son, Chang-Nam (orang Korea pertama yang penulis temui) di tahun 1995 di Yogjakarta,  serta pengalaman pertama berkunjung ke negeri ‘Kimchi” di bulan Agustus 2000 merupakan tonggak sejarah penting dalam perjalanan karir penulis sehubungan dengan Korea-Indonesia.

Februari 2004 – Juli 2008, penulis mengenyam pendidikan dan bekerja di Korea. Ketika itulah, penulis diberi nama Korea: “In Dae Han”, (인대한), oleh seorang advokat senior Korea.  “In” berarti Indonesia dan “Dae-Han” merujuk pada Kekaisaran Daehan Jeguk,(대한제국), yaitu nama kekaisaran terakhir Korea. Nama ini telah menginspirasi penulis dan menjadikannya sebagai visi pribadi untuk menjadi “Penghubung” antara orang Indonesia dan orang Korea di semenanjung Korea (Utara dan Selatan). Sejak saat itu, penulis berupaya untuk dapat berkontribusi terhadap peningkatan hubungan antara orang Indonesia dan Korea khususnya di bidang ekonomi dan pendidikan.

Dari Korea, penulis sempat ‘mampir’ sebentar bekerja selama 1 tahun  (Agustus 2008 – Agustus 2009), di kota Antananarivo, Madagascar, sebelum akhirnya kembali ke Indonesia  untuk bekerja di salah satu anak perusahaan Daewoo Shipbuilding Marine & Engineering (DSME), yang berinvestasi di salah satu lapangan minyak terbesar di Indonesia.

Setelah bekerja di sektor oil dan gas dan menimba pengalaman bekerja di dua kantor hukum di Indonesia, akhir Agustus 2016,  penulis memutuskan kembali ke Korea, dengan meninggalkan kenyamanan dan fasilitas di Jakarta, demi mewujudkan visi pribadi menjadi penghubung bagi orang Indonesia dan Korea. 

Penulis adalah advokat Indonesia (anggota PERADI) pertama yang bekerja sebagai full-time Foreign Lawyer di kantor hukum di Korea. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun berinteraksi langsung dan bekerja dengan orang Korea, termasuk pengalaman tinggal di Korea lebih dari 8 tahun, Penulis bercita-cita untuk dapat berkontribusi bagi orang Indonesia dan orang Korea melalui profesinya sebagai advokat. Penulis saat ini bekerja dan mengepalai “Indonesian Legal and Business Advisory Center” – di kantor Hukum KEUMSEONG LLC. di Seoul. Selain itu, penulis  juga direktur di Keumseong Global Star Corp. (KGS)– sebuah trading company yang didirikan oleh penulis bersama dengan beberapa partner orang Korea yang bertujuan untuk mengimpor dan mengekspor produk Korea – Indonesia. 

Penulis menaruh minat yang besar mempelajari kehidupan sosial-budaya, pendidikan, ekonomi, politik dan hukum Korea. 

Di tahun 2017-2019, penulis sempat menjadi pengajar paruh-waktu di Hankuk University of Foreign Studies (HUFS) Law School selama 3 semester dan Handong Global University (HGU) selama 1 semester.

Selain itu, penulis juga  pernah menjadi dosen tamu di Pyongyang University of Science and Technology (PUST) Korea Utara, selama 2 semester (semester musim semi 2014 dan  2019), dan mengajar di Fakultas Hukum Universitas Kristen Indonesia selama 1 semester (2016). 

Di Korea Utara, penulis mendapat kesempatan mengajar Hukum Bisnis dan Pengantar Hukum Keuangan International.

 

Saudaranta Tarigan

Sebelum bergabung dengan Kantor Hukum Keumseong LLC. di Seoul, penulis memiliki pengalaman bekerja sebagai senior associate di salah satu kantor hukum terkemuka di Jakarta, menjadi General Manager di  anak perusahaan DSME, serta  menjadi Komisaris PT PJUC,  anak perusahaan BUMD Pemda Jatim di Blok Cepu.

Disamping itu, penulis juga pernah magang di kantor International Justice Mission (IJM) di Manila, Filipina (summer 2006) dan menjadi sukarelawan pengajar bahasa Inggris  di kota Baku, Republik Azerbeijan (Desember 2004- Februari 2005), dan pernah bekerja di JOY Fellowship (Februari 1999 – Januari 2004).

Sebelum memasuki dunia praktisi hukum, penulis telah terlebih dahulu memperoleh gelar Sarjana Ekonomi (S.E.) dan gelar Master of Arts (M.A.) Psikologi Industri dan Organisasi, keduanya diperoleh dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Penulis kemudian menyelesaikan pendidikan Sarjana Hukum (S.H.), di Universitas Kristen Indonesia (UKI),  Magister Hukum (M.H.) di Universitas Indonesia (UI), serta gelar Juris Doctor (J.D.) US and International law, di Handong International Law School (HILS), Korea.

Saat ini, disela-sela kesibukan bekerja sebagai Foreign Lawyer, penulis tidak  berhenti mengembangkan diri, termasuk saat ini sedang menulis disertasi Ph.D, di bidang hukum, dan juga tercatat sebagai mahasiswa program S-1, jurusan bahasa Korea, di Cyber Hankuk University of Foreign Studies (cyber HUFS).

Penulis telah menikah dan memiliki 2 orang putri. **

 

 

Klik untuk berbagi info
Translate »
error: Content is protected !!