Berkembangnya persepsi orang Asia tentang kecantikan ‘ala Korea’, akibat meluasnya pengaruh budaya K-Pop, mendorong banyak orang asing ingin melakukan operasi kecantikan di Korea. Diberitakan, jumlah pasien yang berasal dari China, Rusia, Vietnam, Arab Saudi, Kazakhstan, Uzbekistan dan Kamboja meningkat secara dramatis, dengan rata-rata peningkatan tahunan lebih dari 100 persen.

Data statistik menunjukkan, dalam beberapa tahun terakhir, Korea telah berhasil menjadi salah satu tujuan wisata medis populer, terutama perawatan kecantikan di Asia. Lonjakan pertumbuhan jumlah turis-medis dari tahun ke tahun terus berlangsung. Sebagai perbandingan, di tahun 2009, jumlah turis medis ke Korea hanya sekitar 60.000 orang, sementara di tahun 2018, jumlah turis medis telah mencapai 378,967 orang. Pemerintah Korea menargetkan untuk menarik satu juta wisatawan medis, dalam beberapa tahun kedepan, dengan berbagai kebijakan pendukung.

Seiring dengan semakin popularnya Korea menjadi tempat tujuan perawatan kecantikan dan Kesehatan, di sisi lain ada potensi terjadinya malpraktik medis karena kelalaian pihak-pihak pemberi jasa perawatan medis dan kecantikan. Menurut Undang-Undang Korea yang dimaksud dengan kasus malpraktik medis adalah suatu kasus di mana adanya kerugian yang ditimbulkan oleh karena adanya tindakan medis terhadap pasien oleh profesional di bidang kesehatan masyarakat atau profesional medis (termasuk orang-orang yang diizinkan untuk memberikan layanan Kesehatan sebagaimana dimaksud Pasal 27 (1) Undang-Undang Layanan Medis atau Pasal 23 (1) Undang-Undang terkait Farmasi.

Selain pengadilan, salah satu cara untuk mendapatkan kompensasi dalam kasus terjadi malpraktek medis, adalah melalui Lembaga Mediasi dan Artbitrasi Sengketa Medis (disingkat LMASM). Lembaga Mediasi ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Kompensasi Kerugian Akibat Malpraktik Medis dan Mediasi Sengketa Medis. Menurut LMASM, selama periode 2013-2017, lembaga ini telah menangani kurang lebih 2.420 terkait malpraktik medis. LMSAM adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk memperoleh ganti rugi bagi korban kasus malpraktik medis di Korea, karena proses penyelesaiannya lebih cepat. Silakan berkonsultasi dengan pengacara praktik medis di Korea sebelum mengajukan kasus malapraktik medis apa pun di Korea ketika anda menjadi korban malpraktik medis di Korea.

Klik untuk berbagi info
Translate »
error: Content is protected !!