Ada puluhan, bahkan ratusan, juta orang di dunia ini pergi merantau ke luar negeri! Oleh karena itu, merantau ke luar negeri adalah hal yang biasa. Menurut laporan “International Organization for Migration – “IOM” tahun 2020 , organisasi migrasi internasional dibawah bendera PBB ini, diperkirakan, lebih dari 272 juta orang secara global, atau setara 3,5% dari penduduk dunia merantau di tahun 2019.

Para perantau ini pergi ke negara lain meninggalkan tanah kelahirannya dengan berbagai alasan. Salah satunya untuk bekerja!. Umumnya mereka merantau ke negara-negara berpenghasilan lebih tinggi dari negara asal. Pertanyaannya adalah bagaimana bisa bekerja di Luar negeri?

Ibarat pepatah, “mīlle viae dūcunt hominēs per saecula Rōmam” yang artinya seribu jalan membimbing orang selamanya ke Roma. – dengan kata lain ada banyak jalan untuk bisa ke luar negeri.

Penulis bersama Dr. Restyandito, Dekan Fakultas Informatika, Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), Yogjakarta, mendapat kesempatan untuk berbagi pengalaman, tips and trik – bekerja dan belajar di Luar Negeri. Webinar yang dihadiri oleh para civitas akademika dan alumni UKDW ini mengupas tentang bagaimana persiapan untuk mendapatkan peluang studi dan kerja di luar negeri serta mengatasi tantangan ketika hidup di luar negeri. 

Ada banyak tips yang dapat dilakukan, beberapa diantaranya sebagai berikut:

  1. Pilih Negara Tujuan.  Memilih negara tujuan tempat bekerja adalah langkah penting. Sebuah perjalanan harus dimulai dengan tujuan. Dengan mengetahui tujuan kita dapat memilih, jalur dan moda kendaraan menuju tujuan. Biasakan mencari tahu informasi sebanyak mungkin mengenai negara tujuan, termasuk mengenai budaya orang orangnya. Kita tinggal di negara orang, bukan hanya sekedar bekerja tetapi ada banyak dimensi sosial-budaya dan ekonomi yang mana kita harus hadapi selama tinggal di luar negeri.
  2. Kuasai Bahasa dengan Baik. Memiliki kemampuan bahasa, baik bahasa Inggris atau bahasa negara setempat adalah kunci masuk untuk bekerja. Tanpa memiliki kemampuan berbahasa yang baik maka, peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri menjadi sangat kecil, sekalipun hal itu terjadi – maka sebutlah itu  “kebetulan”.  Tentunya, kalo kita berniat bekerja di luar negeri – tidak ingin bekerja karena kebetulan. Tingkat kemahiran anda berbahasa, akan sangat mempengaruhi kenyamanan hidup dan juga memaksimalkan peluang yang tersedia selama bekerja di luar negeri. Misalnya anda bisa menjadi penerjemah atau pemandu wisata sebagai sampingan. Bisa juga menjadi pengajar paruh wakut, atau penghubung warga setempat dengan orang di negara asal. Semakin tinggi kemampuan bahasa ada semakin terbuka pula kesempatan yang anda jalani.
  3. Miliki Etos Kerja Di negara manapun    anda ingin bekerja, jika anda memiliki keterampilan yang dibutuhkan perusahaan, anda akan dihargai. Pastikan anda memiliki skill dasar di awal. Jika ada kesempatan, jangan ragu untuk belajar dan meningkatkan kemampuan. Berupayalah untuk mencari kesempatan untuk mengembangkan diri dengan belajar, misalnya mengikuti kursus, pelatihan atau bahkan kuliah sambil bekerja. Jangan puas dan berhenti hanya sebagai pekerja di negara lain. Manfaatkan waktu untuk belajar, terutama memperdalam bahasa – sehingga anda selalu siap untuk mengambil kesempatan bila mana waktunya tiba.  Sekiranya kesempatan “kedua” belum datang, setidaknya akan membantu percepatan karir anda di tempat kerja. Ingat!! Tidak peduli berapa lama anda bekerja, anda harus bersikap setiap hari seolah-olah anda sedang dalam masa “percobaan”. Untuk itu anda harus menjadikan diri Anda semakin bernilai bagi perusahaan anda. Karena bukan tugas perusahaan membuat anda makin bernilai.
  4. Persiapan dan Persiapan. Pada akhirnya, yang menjadi kata kunci adalah persiapan. Tidak ada satu hal yang bisa mengantikan persiapan dan disiplin diri dalam persiapan. Jangan menunggu hingga saat kepepet tiba. Nikmatilah proses setiap persiapan, karena dari proses tersebut, kamu akan mendapatkan pelajaran yang berharga.  Be prepared! Orang yang biasa-biasa sekalipun, akan terlihat hebat Ketika well-prepared! Success Is What Happens When Preparation Meets Opportunity! Suwon2020
 
Klik untuk berbagi info
Translate »
error: Content is protected !!