Selain Hapmyung Hoesa, Hapja Hoesa, Yuhan Chaekim Hoesa, ada bentuk badan usaha lainnya yaitu Chusik Hoesa dan Yuhan Hoesa. Kedua bentuk badan usaha yang terakhir ini merupakan bentuk usaha paling umum dipilih oleh investor asing maupun pengusaha setempat. Dalam konteks Indonesia, kedua badan usaha ini, Chusik Hoesa maupun Yuhan Hoesa, dapat diibaratkan sebagai Perseroan Terbatas (PT) terbuka dan PT tertutup. Perbedaan kedua badan usaha ini dapat dilihat sebagai berikut:

4. Joint Stock Corporation (Chusik Hoesa)Tanggung jawab pemilik saham dalam perusahaan berbentuk chusik hoesa, terbatas sebesar modal yang disetorkan. Saham-saham dapat dipindahtangankan secara bebas, walaupun kadang memerlukan persetujuan dewan direksi terlebih dahulu tergantung ketentuan dalam anggaran dasar perusahaan. Perusahaan berbentuk chusik hoesa ini diharuskan mengadakan rapat pemegang saham setiap tahun untuk membahas laporan keuangan dan dividen. Lebih jauh, chusik hoesa dapat menghimpun modal tambahan dari masyarakat umum dengan listing di bursa saham atau menerbitkan surat berharga lain seperti obligasi. Selain itu, chusik hoesa diwajibkan memiliki komite audit atau sekurang-kuranngya menunjuk auditor yang bertanggung jawab atas pengawasan tata kelola perusahaan. Oleh karena itu, wajar jika chusik hoesa ini menjadi jenis badan usaha yang paling umum dipilih oleh investor asing di Korea.

5. Limited Liability Corporation (Yuhan Hoesa)Sebagaimana disebutkan sebelumnya, yuhan hoesa secara prinsip hampir sama dengan chusik hoesa. Perbedaanya terletak pada kewajibannya dan persyaratannya. Pemegang saham yuhan hoesa memiliki tanggung jawab terbatas seperti pemegang saham chusik hoesa, namun, yuhan hoesa tidak dapat menerbitkan saham atau surat berharga kepada publik, oleh karena itu modal kerja yuhan hoesa cenderung lebih kecil daripada chusik hoesa. Yuhan hoesa diatur oleh rapat anggota, mirip dengan rapat pemegang saham chusik hoesa. Yuhan hoesa harus memiliki sekurang-kurangnya satu direktur tetapi tidak di haruskan memiliki komite audit atau menunjuk auditor seperti di chusik hoesa. Tidak heran bentuk badan usaha seperti merupakan yang paling banyak di Korea terutama untuk perusahaan kecil menengah.

Demikian sekilas pengetahuan umum tentang bentuk bentuk badan usaha di Korea. ****

Klik untuk berbagi info
Translate »
error: Content is protected !!